3.14.2009

Perfect World, Inilah Dunia Impianmu!

Game online di Indonesia tidak pernah kekurangan game yang menarik dan ucapan ini bisa saya buktikan melalui sebuah game milik PT. LYTO Datarindo Fortuna. Game yang saya maksud kali ini tentunya merupakan produk terbaru milik LYTO yang kalau dilihat-lihat menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan sekaligus fitur-fitur baru yang belum pernah dimiliki oleh game online di Indonesia. Nama game yang cukup menjanjikan ini adalah Perfect World.


Perfect World mengangkat tema legenda cina kuno dengan konsep dunia Pangu yang digambarkan dengan grafis 3D indah lengkap dengan pergantian siang malam dan cuaca. Dunia Perfect World sangatlah luas dan miskin loading sehingga petualangan yang berjalan di atasnya tidak sering terganggu dengan banyaknya loading screen yang berseliweran. Sistem pembayaran yang dipakai lagi-lagi menganut bebas bermain selamanya tanpa dipungut bayaran apapun kecuali kamu ingin memakai fasilitas item mall yang ada.


Cerita Perfect World itu sendiri diambil dari berbagai sejarah budaya, legenda dan cerita rakyat yang akan kamu temukan dalam 5000 quest yang tersebar sepanjang permainan. So pasti kamu enggak bakalan merasa bosan apalagi banyak fitur menarik untuk kamu yang suka ngajak pasangan atau pacar main game bersama-sama
Page 2
So, calon dewa-dewi sebaiknya saya mulai menjelaskan fitur-fitur dalam game Perfect World satu persatu sebelum kalian mencobanya sendiri.


Berbeda dengan game online lainnya yang baru terlihat menarik ketika kita sudah memasuki permainan, Perfect World sudah terlihat sangat menarik ketika kita baru akan membuat karakter. Banyaknya pilihan yang dapat diubah ataupun disesuaikan dimulai dari mata, hidung, mulut, dagu, telinga bahkan postur tubuh, fitur seperti ini jarang sekali ditemukan dalam sebuah MMORPG. Sebelumnya saya ingatkan bahwa susunan profesi ataupun job dalam Perfect World sangat bergantung dengan bangsa yang kamu pilih dan berbicara mengenai ras, game ini menyuguhkan tiga buah bangsa yang memiliki sistem yang cukup unik dan saling berbeda.

Sebagian Fungsi Pengaturan Karakter

Tiga Bangsa Yang Unik

Setiap bangsa dalam Perfect World sangat unik, kamu akan merasakan bahwa bangsa manusia dalam game ini memiliki ragam senjata paling banyak dan magic serangan terkuat dibandingkan bangsa lain, sementara itu serangan jarak jauh dan kemampuan penyembuhan terkuat dipegang oleh bangsa peri yang ringan dan memiliki bekal sayap dari lahir, sedangkan bangsa siluman memiliki daya tahan dan kekuatan serangan fisik paling tinggi dibandingkan kedua bangsa lainnya. Selain itu bangsa siluman diberi kekuatan untuk mengubah bentuk fisiknya menjadi binatang demi meningkatkan serangan serta daya tahan yang dimilikinya. Khusus bangsa siluman berkelamin wanita (Fox Lady), diijinkan untuk menjinakkan monster untuk dipakai membantu proses hunting dan leveling.

Siluman Yang Perkasa

Peri Yang Bijaksana

Manusia Yang Adil



Page 3
Step Into A Perfect World!

Seperti game online kebanyakan, hal pertama yang kamu temukan ketika masuk ke dalam game Perfect World adalah layar pilihan server dan login screen. Setelah memilih server, memasukkan ID dan password (khusus password tersedia virtual keyboard yang bisa menjamin keamanan password pribadimu), kamu akan diajak memasuki fitur membuat karakter yang sangat detil. Di dalam fitur ini kamu diperbolehkan melakukan perubahan karakter secara massal dan mendetil. Bagi kamu yang kebingungan mencari tema karakter yang ingin kamu buat, Perfect World menyediakan beberapa model default yang siap pakai. Dengan hadirnya fitur untuk mengkustomisasi karakter secara detil, kemungkinan kamu untuk menemukan doppelgänger dari karaktermu sangatlah tipis bahkan hampir tidak mungkin ada.


Setelah puas mengkustomisasi tampilan karakter milikmu, tekan tombol masuk dan akhirnya saya ucapkan selamat datang di dunia Perfect World. Pertama-tama saya akan coba menjelaskan berbagai fungsi dasar dari GUI yang ada di dalam game. Pada pojok kiri atas tampilan GUI terdapat bar Health Point (HP), Mana Point (MP) dan Exp Point (Exp). Nama karakter, bentuk wajah dan level karakter ikut ditampilkan dibawahnya. Sementara itu pada bagian atas health bar, ada berbagai pilihan pengaturan efek dan jarak pandang karakter untuk memudahkan permain yang memiliki komputer dengan spesifikasi minimum ketika melewati berbagai obyek yang bertumpuk (ketika Celestial War misalnya) ataupun menghilangkan berbagai efek yang bisa membuat grafis tampilan terlihat patah-patah.


Page 4
Beranjak ke pojok kiri bawah, di bagian ini kita dapat menemukan kolom chat yang cukup lengkap, tersedia berbagai pilihan chat yang dapat digunakan seperti, Utama, Grup, Guild dan masih banyak lagi. Fitur chat dalam Perfect World mengijinkan kamu untuk memakai emoticon (biasa ada di mesin chat) yang bisa kamu tambah jenisnya dengan cara membelinya di item mall (saat tulisan ini dibuat, baru tersedia Little Bear emoticon). Penulis juga mencoba beragam kalimat “tabu” atau “kotor” dan menemukan sistem chat masih banyak lubangnya, hal ini nampaknya harus segera dibenahi oleh LYTO sebelum terjadi perang “kebun binatang” yang tidak menyenangkan.

Mirip Kan?

Di bagian atas kanan GUI, kamu dapat menemukan peta mini yang memiliki berbagai fasilitas tambahan, seperti, fasilitas zooming, mengunci peta, membuka peta dunia, item mall (setelah setengah jam mencari-cari di mana letak tombol item mall) dan pencarian wilayah, fitur yang terakhir saya sebutkan sangat membantu saya mencari letak wilayah selama menjalankan quest yang ada.

Tombol Item Mall Yang Misterius

Menuju ke bagian terakhir yaitu pojok kanan bawah dari GUI, di sini kita bisa menemukan berbagai fungsi dasar seperti, inventory, info karakter, skill, quest, komunitas dan sistem. Fungsi sistem itu sendiri masih terbagi-bagi lagi menjadi berbagai subsistem seperti, pet, aksi, pencarian pemain di sekitar atau grup, teman dan guild, komunitas (belum aktif), fairy luck (belum aktif dan mungkin akan sangat menarik untuk kedepannya), fitur cari teman dan yang terakhir stasiun radio Perfect World (?).


Page 5
Kecuali berbagai pernak-pernik tambahan, semua sistem Perfect World tergolong sangat umum untuk sebuah game MMORPG, mungkin yang membedakannya dengan game lain adalah ketika kita melangkah lebih jauh ke dalam permainannya. Perfect World di negara asalnya dijuluki sebagai WOW versi cina, julukan yang terdengar seperti main-main ini tidak datang begitu saja. Bila kita memutuskan untuk lebih serius memainkan game ini, kita akan merasakan beragam quest yang menarik. Definisi menarik dalam tulisan saya tidaklah main-main, penulis termasuk orang yang sangat menyukai tantangan dalam setiap game yang dimainkan dan Perfect World mampu menjawab rasa haus saya terhadap tantangan quest yang melimpah (sangat melimpah!) dan terasa tidak ada habis-habisnya. Saking banyaknya quest yang saya hadapi, saya tidak bisa hunt dengan normal (bahkan ketika saya mencapai level tinggi, saya lebih memilih untuk membantu quest level yang jauh lebih kecil karena mempunyai keuntungan baik dari sisi komunitas maupun item yang mungkin kita dapatkan) dan hal ini menjadikan game Perfect World sangat menantang sekaligus bisa menjembatani hubungan karakter dengan level timpang yang biasanya ada pada setiap MMORPG.

Biasanya bila kita berbicara mengenai quest sebuah game yang terbersit dalam pikiran kita adalah kebosanan, repetitif dan nyasar (karena mencari-cari lokasi quest). Ketiga kendala tersebut tidak saya temui dalam Perfect World, quest awal dibuat sedikit mudah, seiring waktu tingkat kesulitan quest makin meningkat sejalan dengan level karakter dan mengenai masalah lokasi quest atau NPC, kesulitan menemukan kedua hal tersebut hilang begitu saja, ketika kita menggunakan fitur pemandu arah yang disediakan. Begitu kita mengaktifkan sistem tersebut akan muncul tanda panah yang menunjukkan lokasi NPC atau daerah yang kita maksud, fitur ini sangat mempermudah pencarian quest atau lokasi sebuah even.


Panah Biru dan Kuning Penanda Lokasi dan Quest
Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya berkutat pada soal leveling dan quest saja, ada berbagai fitur lain yang cukup memudahkan saya selama permainan berlangsung, seperti fitur transportasi misalnya. Dalam dunia Perfect World selain menggunakan teleport atau berjalan kamu bisa memakai fasilitas terbang atau menunggangi hewan untuk berkeliling-keliling. Khusus bangsa peri, fitur terbang sudah disertakan dari awal dengan wujud sayap malaikat dan ternyata fitur terbang ini dibuat bukan tanpa maksud apapun, sebab beberapa pertempuran bisa kita lakukan di udara bahkan di dalam air. Masih berkaitan dengan fitur transportasi, dengan adanya fitur untuk memeluk/menggendong pasangan, kita bisa melakukan penghematan atau mempermudah perjalanan dengan pasangan kita. Fitur ini merupakan sebuah pemanis yang sangat cocok bagi siapapun yang suka mengajak pacar atau pasangan untuk bermain game bersama.

Cewek Naik Harimau Lalu Naik Elang (?)
Page 6
Sekarang marilah kita melangkah ke bagian perlengkapan dalam game. Perfect World selain menyediakan perlengkapan standar seperti, senjata, armor dan aksesoris, juga menyediakan busana yang bisa didesain sendiri warnanya, hal ini tentu menjadi poin plus tersendiri bagi pemain yang suka bergaya funky ataupun keren. Masih berhubungan dengan busana dan perlengkapan, kita juga bisa membuat perlengkapan kita sendiri untuk dipakai atau diperjualbelikan, fitur ini masih diikuti dengan kewajiban untuk mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Semua perlengkapan yang dibuat ataupun dibeli, dapat ditempa untuk meningkatkan efek serangan ataupun efek lainnya.

Keren Kan?

Status Senjata

Berbicara mengenai perlengkapan ataupun lebih tepatnya senjata, sistem senjata dalam Perfect World cukup mudah untuk dipahami, setiap senjata memiliki, level crafting (syarat level crafting untuk membuat senjata yang dimaksud), jenis senjata, kecepatan serangan, jangkauan, daya rusak, daya tahan, syarat level, syarat status dan yang terakhir adalah harga senjata (bila dijual ke NPC). Sistem lainnya adalah, warna biru yang menandakan status tambahan (harus diidentifikasi untuk melihat status bonus yang disertakan) dan tanda bintang yang menunjukkan tingkatan sebuah senjata. Tanda satu atau dua bintang kosong berarti senjata normal, tanda tiga bintang kosong artinya rare tanda 1 bintang penuh artinya unique dan yang terakhir, tanda dua bintang full artinya legendary, tanda-tanda tersebut juga bisa kita lihat melalui aura yang muncul. Sistem bintang ini juga bisa kita temui pada perlengkapan lainnya.


sumber:kotak game




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi blog ini untuk membangun lebih baik lagi.