1.02.2010

Prancis:Google kembali langgar hak cipta

Kerugian kembali dialami oleh perusahaan di bidang internet terbesar, Google. Pengadilan Perancis memutuskan bahwa Google dianggap bersalah dan melanggar hak cipta karena proyek digitalisasi bukunya,, dan menaruh hasilnya di Google adalah tanpa izin dari pemiliknya. Pihak penggugat, yakni La Martiniere yang didukung oleh penerbit dan penulis dari Perancis, menganggap industri mereka dieksploitasi secara sepihak oleh Google melalui program Book Search sejak tahun 2005.
Kabarnya, Google didenda lebih dari 300 ribu euro serta tambahan 10 ribu euro per hari, sampai Google menghapus semua buku-buku Perancis dari database Book Search Google. Pihak Google menganggap bahwa dengan menampilkan sebagian kecil tulisan dari buku-buku itu sudah sesuai dengan undang-udang hak cipta di Perancis, serta memberika keuntungan kepada sang pemilik buku. 
Pendapat saya: Pihak dari Perancis memang sangat berlebihan. Menurut saya, itu hanyalah sebuah referensi, yang bisa menguntungkan bagi penulis karena mereka mendapatkan promosi gratisan. Ada-ada saja Perancis. Sumber tulisan dari PC MILD.


Artikel Terkait:

1 komentar:

Johnson Manurung mengatakan...

semoga saja dapat diselesaikan dengan baik ....

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi blog ini untuk membangun lebih baik lagi.