4.30.2009

Scratch 1.3.1 | Pemrogaman untuk anak 8 tahun

Penting bagi user untuk memahami logika dasar pemrogaman, sebelum memasuki lebih jauh mengenai bahasa pemrogaman secara spesifik.
Awalnya, scratch didesain untuk membantu user yang berusia 8 tahun ke atas, agar dapat mempelajari logika bahasa pemrogaman sedini mungkin. Melalui aplikasi ini user yang berusia muda dapat belajar berpikir matematis, komputasi, kreatif, sistematis, dan kolaborasi. Kalian dapat mendownloadnya disini
Untuk Tipsnya silahkan baca dibawah ini:
  • Download dan ekstrak file WinScratch1.3.1.zip. Jalankan file scratch.exe pada folder hasil ekstrak
  • Kita akan mencoba animasi lempar bola. Animasi akan dimulai dengan penggantian background (stage) dan penghapusan (sprite) yang tidak digunakan. Klik tab backgrounds, kemudian diikuti dengan mengklik tombol import, seleksi background yang dikehendaki. Hapus objek sprite1 dengan klik kanan> delete. Masukkan sprite baru dengan mengklik tombol folder yang disamping kanannya terdapat bintang bersinar> seleksi bentuk objek
  • Duplikasi sprite tersebut dengan klik kanan, kemudian klik duplicate. Posisikan hasil duplikasi sprite1, yaitu sprite5, dengan jarak tertentu dengan mengklik sprite, namun sebelumnya perlu mengaktifkan toolbar yang bergambar tanda panah. Ubah arah pandang dari duplikasi sprite sehingga tampak berhadapan, dengan mengklik sprite5, kemudian klik tombol <_> untuk mengubah arah pandang sprite5
  • Tambahkan sprite bola dengan mengklik tombol folder yang disamping kanannya terdapat bintang bersinar, dan seleksi gambar bola pada jendela dialog. Kini, tambahkan script pada sprite bola dengan mengaktifkannya dengan mengklik sprite bola, diikuti dengan mengklik tab script
  • Klik tombol control, kemudian drag script when clicked pada bagian tab script. Lanjutkan dengan control lainnya, yaitu forever untuk perulangan
  • Untuk pergerakan bola digunakan script motion, pindah ke tombol motion, drag script go to x y. Masukkan nilai x dan y, dimana bola berpindah. Setiap perpindahan X Y diberi jedah waktu melalui coontrol script wait. Lakukan berulang hingga pergerakan bola sempurna. Untuk menjalankan animasi, klik tombol bendera berwarna hijau, dan untuk menghentikanny, klik tombol yang berbentuk bulat merah.
Wah, teknologi jaman sekarang emang udah "edan" yah. hehe...
good luck 'n' selamat mencoba
sumber informasi saya dari PC Mild, tabloid PC




Artikel Terkait:

1 komentar:

nyubi mengatakan...

wah nice info nih, perlu di coba, mengajarkan anak kecil berkomputer yg baik dan benar, salam kenal jgn lupa komen baleknya

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi blog ini untuk membangun lebih baik lagi.