12.17.2009

Install Ubuntu 9.10

Mau menginstall Ubuntu 9.10 di pc atau perangkat mobile pc anda, namun tidak bisa menginstallnya?
Berikut saya sajikan cara-caranya.
  1. Masukka cd installer ubuntu. Atau, jika anda mau mendownloadnya, bisa di ftp://repo.ugm.ac.id/iso/ubuntu/9.10/ubuntu-9.10-desktop-i386.iso  (Formatnya iso. cara "ngeburnya" dengan masukkan cd kosong/dvd kosong ke drive, dan burn menggunakan software burning. Saya rekomendasikan explore and burn yang bisa di download di http://freedownload-today.blogspot.com/ 
  2. Setelah anda burn, masukkan cd tersebut ke dalam drive cd room anda, dan ubah urutan boot bios agar urutan first boot dimulai dari cd room yang berisi ubuntu. Simpan hasi perubahan tadi dan keluar dari bios. 
  3. Setelah anda keluar, akan ada halaman pembuka Ubuntu. Pilih menu Install untuk menginstallnya
  4. Ada 7 tahapan install. Akan saya rinci sebagai berikut:
  5. Pemilihan bahasa. Pilih bahasa default pc anda. Lalu, klik forward
  6. Penentuan waktu. Pilih zona waktu sesuai dengan lokasi anda sekarang. Forward lagi
  7. Pemilihan keyboard layout. Pilih pilihan Suggested Option : USA
  8. Pembuatan partisi. Ini bagian yang cukup sulit. Tapi, jika anda membaca artikel ini, mungkin akan mudah :) . Pada pemilihan tipe harddisk, anda bisa memilih use entire disk untuk pembuatan partisi secara otomatis atau specify partitions manually, untuk membuat partisi harddisk secara manual. Pada contoh sumber yang saya lihat, mereka menggunakan harddisk yang akan dikosongkan dan memang diperuntukkan bagi ubuntu saja, mereka memilih pilihan Erase and use entire disk.
  9. Pembuatan user dan jenis tipe login. Isi username, password, dan pilihan lainnya. Beri centang pada Login Automatically jika anda ingin langsung masuk ke Ubuntu tanpa harus memasukkan username dan password.
  10. Instalasi. Pada tahapan ini, akan terpampang sejumlah informasi yang telah anda lakukan sebelumnya. Jika anda sudah yakin, klik install. 
  11. Proses Instalasi. Proses instalasi akan segera berlangsung. Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Jika sudah selesai, klik restart now.


Artikel Terkait:

1 komentar:

astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

tutorial yang mantap langsung saya coba

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi blog ini untuk membangun lebih baik lagi.